Medan  

358 Jemaah Haji Kota Medan Tiba di Tanah Air

358 Jemaah Haji Kota Medan Tiba di Tanah Air
Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara foto bersama jemaah haji Kloter X asal Kota Medan dan Humbang Hasundutan. (Foto: AS)

Medan-Skalanews | Jemaah Haji Kelompok Terbang atau Kloter X Debarkasi Medan asal Kota Medan dan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), tiba di tanah air pada Jumat (14/7/2023) dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 3210, mendarat di Bandara Kualanamu Internasional Airport Deliserdang pukul 10.30 WIB.

Rombongan Kloter X ini berjumlah 358 orang jemaah asal Kota Medan dan Humbahas dan petugas haji dan selanjutnya bersiap menuju asrama haji Pangkalan Mansyur Medan, untuk persiapan pemulangan kepada pihak keluarga yang sejak pagi sudah menunggu di seputaran asrama haji Medan.

Perjalanan panjang dan meletihkan, ditempuh dalam waktu lebih delapan jam lamanya, tentu rasa letih dan lelah dirasakan para jemaah haji, namun pertemuan dengan sanak keluarga yang ditinggal pergi untuk melaksanakan rukun Islam kelima ini selama hampir 40 hari lamanya terpisah dengan keluarga, justru rasa letih dan lelah hilang sesaat bertemu dengan keluarga yang dicintai.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi Nasution, S.Ag, MM turut menyambut kedatangan seluruh jemaah haji Kloter X ini dengan gembira, dan larut dalam suasana keharuan di antara ratusan keluarga jemaah yang sudah menunggu sejak pagi menjelang subuh.

Lantunan selawatan menyemai di dalam gedung Madinatul Hujjah asrama haji Pangkalan Mansyur Medan, serasa seperti masih berada di tanah suci. Keharuan itu tampak jelas di wajah para jemaah dan petugas haji, teringat perpisahan saat meninggalkan Kota Makkah dan Madinah dan berpisah dengan jemaah Kloter.

Berdasarkan data manifest panitia haji Debarkasi Medan, Kloter X jemaah haji bernama Amsir Mula Tua Harahap Bin Mulia Tua Harahap, usia 70 tahun, nomor manifest 082, yang beralamat Jalan Williem Iskandar Nomor 110 Kelurahan Indra Kasih, Kecamatan Medan Tembung, wafat di Pemondokan dan dimakamkan di Sharee. * SN-AS